NEWS UPDATE :  

Berita

SDIT IBNU ABBAS KEBUMEN # SHOLIH, MANDIRI, BERPRESTASI, PEDULI LINGKUNGAN

Liburan Keluarga yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Bagi para orangtua, kesempatan berlibur dapat digunakan untuk mendekatkan diri dengan anak-anak. "Selalu ada kenangan indah yang tersimpan di memori anak-anak setelah berlibur. Kenangan ini akan berpengaruh bagi masa depan mereka," tutur Dr Mel Borins, asisten profesor dari University of Toronto dan penulis buku Go Away Just for the Health of It.

Penelitiannya tentang hal ini sudah dimuat di Science Journal. Ia mengamati perubahan yang terjadi dalam hubungan keluarga para pekerja yang diberi perpanjangan waktu libur hingga 13 minggu. Hasilnya, responden mengaku bisa berkomunikasi dan berinteraksi lebih baik dengan pasangan maupun anak-anaknya. Sebanyak 25 persen malah menambahkan, mereka dapat bekerja dengan lebih efisien pascaliburan.

Agar liburan keluarga menyenangkan dan bermanfaat, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan:

1. Ajak anak-anak merencanakannya. Keterlibatan dalam perencanaan liburan membuat mereka lebih antusias pada saat perjalanan. Jika anak-anak masih kecil, kitalah yang harus merencanakan, kemudian baru memberikan gambarannya kepada mereka.

 2. Tetapkan tema tertentu untuk setiap masa liburan. Diskusikan pilihan tema liburan bersama anak-anak yang lebih besar, dan fokuskan pada manfaat yang bisa mereka dapatkan dari tempat-tempat wisata yang dikunjungi.

 3. Beri "pancingan" agar lebih semangat. Sebelum berangkat liburan, coba perlihatkan film, foto, atau klip tentang sisi menarik tempat yang akan dituju. Dijamin, anak-anak makin bersemangat.

 4. Ciptakan obrolan bermutu seputar objek yang dikunjungi. Apa gunanya membawa anak-anak ke objek wisata, sekadar melihat-lihat, lalu pulang. Lebih baik, luangkan sedikit waktu untuk membicarakan hasil kunjungan dan kesan apa yang mereka dapat dari sana. Orangtua pun perlu membekali diri dengan sedikit referensi sejarah atau legenda tempat yang dikunjungi. Kalau perlu, manfaatkan jasa pemandu wisata yang biasanya punya banyak informasi.

Referensi :

http://female.kompas.com/read/2012/06/21/19123531/

Pilih.Tipe.Liburan.Anak.Seperti.Apa.

Cari
Kontak Kami
Alamat :

Gg Kencana, RT01 RW06 Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen

Telepon :

telp& WA 081328115920

Email :

sdit.ibnu.abbas.kebumen@gmail.com

Website :

sditibnuabbaskebumen.sch.id

Media Sosial :
PPDB 2024/2025
Peringatan HUT RI BDR